First of all, you need to be alone. Sendirian, bisa di kamar mandi, di balik pintu, di atas pohon, pokoknya dimana kamu merasa tidak ada orang yang menyaksikan. Ingat! Harus sendirian, karena kalo tidak.. bisa2 disangka orang gila :D

Selanjutnya tirukan gerakan berikut ini. Gerakan yg dimaksud adalah gerakan/ekspresi wajah. Jadi bagian tubuh yg lain ngga usah digerak2in. Trus bayangkan hal yg bikin bete tadi, tapi.. berlawanan dengan perasaan buat ekspresi tersenyum pada wajah (paling enak diterapkan di depan cermin, jadi bisa liat ekspresi sebenernya). Setelah itu tahan beberapa lama.

Kemudian dibalik. Sekarang bayangkan suatu hal yg bisa bikin kamu senang ato bersemangat. Tapi sebaliknya, sekarang coba pasang wajah cemberut ato sedih dan tahan beberapa lama. Lakukan perulangan selama beberapa kali sampai kamu merasa tenang.

Kenapa musti dibolak-balik gitu? Well, I think.. ekspresi wajah, seperti halnya sikap tubuh yang lain turut berpengaruh sbg feedback terhadap emosi kita saat itu. Dengan pembalikan ekspresi, maka emosi kita akan terkontrol agar tidak terlalu sedih ato terlalu senang (calm-down).


Ok then, try it! Eventhough u dont believe it and might think this is something silly. At least, it works for me.. so I hope it works for you too :)