Alkisah zaman dahulu kala, seekor monyet menghadap pada Dewa.
“Oh Dewa, saya melihat kehidupan manusia demikian menarik & indah. Saya ingin sekali menjadi manusia” ucap si monyet pada Dewa.
“Hmm…boleh saja kalau begitu kemauanmu. Para Dewa akan mengabulkan permintaanmu asal kamu sanggup memenuhi syarat dari para Dewa penguasa alam ini” Sang Dewa berkata.
“Apakah syaratnya ?” tanya si Monyet.
“Syaratnya adalah kamu harus mencabuti sebagian dari bulu 2x mu karena manusia tidak mempunyai bulu yg sedemikian banyak. Kalau kamu sudah melakukannya maka para Dewa akan mengabulkan permintaanmu. Kamu akan berubah menjadi seorang manusia yg utuh, baik fisik maupun bathin” ucap sang Dewa. Si Monyet begitu senang mendengar bahwa dia bisa berubah menjadi manusia seutuhnya. Lantas, dengan cepat dia mulai mencabuti bulu 2x yang ada di tubuh nya. Baru sedikit saja mencabuti bulunya, dia menjerit kesakitan.
“Oh Dewa, sakit sekali rasanya. Saya tidak sanggup lagi. Saya mohon agar saya diubah jadi manusia yg seutuhnya”
“Ha...ha...ha….” tawa sang Dewa. “Kamu kesakitan mencabuti bulu 2x mu ? Bagaimana mungkin para Dewa akan mau mengabulkan permintaanmu. Kamu harus berusaha dulu, menahan rasa sakit, merubah diri agar bisa berubah menjadi manusia. Tidak ada hasil tanpa terlebih dahulu berusaha” ucap sang Dewa.
Terkadang kita menginginkan perubahan dalam kehidupan kita, dalam bisnis kita, dalam pekerjaan kita, dalam hubungan kita, namun kita tidak mau atau kurang membayar “harga” nya. Ini sama saja mustahil. Karena “Tidak Ada Yang Gratis” dalam kehidupan ini. Semuanya harus diperjuangkan.