CRUNCH dan sit-up adalah latihan yang kerap dilakukan untuk mendapatkan perut ramping. Namun, dibandingan sit-up, ternyata crunch melatih otot perut lebih efektif. Apa pasal?

Target otot yang dilatih pada crunch terfokus pada otot perut. Sedangkan untuk sit-up, lebih banyak melatih otot lain dibandingkan otot perut.

haxims.blogspot.com
Untuk pemula, latihan crunch lebih mudah dilakukan dibandingkan sit-up. Latihan sit-up memberi tekanan cukup besar pada punggung bagian bawah. Sedangkan bila Anda berlatih crunch, pungung tidak terasa sebegitu nyeri seperti sedang sit-up.

Bila Anda masih bingung apa perbedaan crunch dengan sit up, berikut ini penjelasannya.

Crunch

Posisi lutut Anda ketika berlatih ditekuk, namun tidak lutut ditekuk sampai 90 derajat. Posisi tubuh Anda tiduran. Ketika mulai berlatih, angkat kepala hingga bahu ke atas. Namun, badan Anda tetap menempel di lantai.

Perut Anda akan bekerja lebih keras, karena tekanan Anda melawan gravitasi bumi. Berbeda dengan sit-up, di mana tubuh Anda harus diangkat keseluruhan.

Target otot pada latihan ini ialah otot perut depan, otot samping bagian luar, otot samping bagian dalam, dan otot perut bagian melintang. Bila rutin dilakukan, perut Anda akan kencang serta ramping dengan sendirinya.

Sit-up

Posisi lutut Anda ketika berlatih ditekuk sekitar 90 derajat. Posisi tubuh Anda tiduran. Ketika mulai berlatih angkat kepala hingga punggung bagian bawah. Latihan ini bisa membuat otot pinggul bagian luar serta paha depan lebih kencang dan ramping.

Namun, bila Anda memang sudah terbiasa melatih otot perut, sit-up memang sangat cocok menjadi pilihan. Bila belum, sebaiknya Anda melakukan crunch terlebih dahulu karena beban tubuh terasa lebih ringan.

Saat otot perut sudah terbiasa dilatih, barulah Anda bisa melakukan sit-up secara berkala.

Nah, Anda siap untuk latihan pembentukan perut?

Kalau kita berbicara tentang latihan untuk perut, pasti yang terlintas pertama kali adalah satu latihan yang paling terkenal sejak nenek moyang, sit up. Latihan ini banyak dilakukan untuk mengecilkan perut (yang ini salah persepsi) ataupun membentuk six pack. Padahal banyak latihan lain yang juga ditujukan untuk membentuk perut agan-agan sekalian.

Jika kita melakukan sit up setalah banyak repetisi mungkin agan bisa merasakan sakit pada punggung agan atau leher. Ini adalah beberapa hal yang sering terjadi pada orang-orang yang berlatih sit up. Melakukan sit up sebenarnya ada teknik yang benar agar tidak sampai sakit leher, tetapi sakit punggung bagian bawah, ini yang masih tetap sering dirasakan.
Karena itu, melakukan latihan lain yang lebih aman sangatlah dianjurkan.
Beberapa jenis latihan yang bisa digunakan adalah:
haxims.blogspot.com

Captain chair: latihan ini menggunakan alat dimana siku dan tangan kita sebagai penompang tubuh dan kemudian mengangkat kaki hingga 90 derajat. Jika agan sudah terbiasa, bisa menggunakan dumbbell yang dijepitkan dikaki untuk menambahkan beban.

haxims.blogspot.com

Planks: latihan ini sederhana sekali. Anda cukup membuat posisi seperti push up, tetapi saat tangan lurus tegak. Kemudian agan tahan selama mungkin tubuh agan tetap lurus, saat itu otot perut dan punggung agan akan bekerja keras untuk menahannya tetap lurus.

haxims.blogspot.com

Reverse crunch: latihan ini seperti crunch/sit up biasa, tetapi bedanya bukan badan yang diangkat, melainkan kaki yang bergerak dari tertekuk menjadi lurus. Otot perut bagian bawah agan akan terlatih dari ini.

haxims.blogspot.com
Barbell abs rollout: gunakan alat rollout khusus untuk ini yang berupa roda tunggal dengan pegangan di dua sisinya. Tetapi jika tidak agan bisa menggunakan barbell yang bagian platnya bebas berputar. Bertumpu pada lutut dan kedua lengan berpegang pada rollout. Dorong rollout ke depan hingga punggung sejajar dengan lantai (bukan menempel) lalu tarik kembali.

haxims.blogspot.com

Butt ups: latihan ini seperti Planks, tapi tidak statis, setelah posisi Planks lalu tarik panggul ke atas. Kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi lagi.

Setiap jenis latihan ini akan membantu otot perut agan untuk terbentuk dengan luar biasa. Selamat mencoba!!